Recent Posts

Senin, 28 Februari 2011

Berburu Bintang Laut Berduri Bersama Dewara

KALEDUPA - Paa' olo begitulah masyarakat desa Darawa menyebutnya. Binatang ini berduri dan beracun. Bintang laut ini sangat membuat kawatir nelaya, Karena pertumbuhan dari bintang laut ini sangat cepat, selain dari bertelur juga Bagian- bagian yang terkecil dari tubuhnyapun akan hidup satu bintang laut yang utuh.
Oleh Sebab itu pada tanggal 22 januari 2011 anggota kelompok Dewara dan Forkani mengangkat bintang laut berduri dari laut di sekitar desa Darawa. Lebih dari seratus ekor bintang lautyang diangkat untuk dibawa ke darat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pertumbuhan bintang laut.

Jumani, ketua kelompok Dewara mengatakan kegiatan mengangkat bintang laut ini bukanlah hal yang pertama, karena meski dilakukan sendiri-sendiri anggota kelompok melakukannya sebagai bagian dari agenda bersama untuk melakukan pengawasan terhadap sumber daya alam mereka. Kegiatan ini bertujuan agar nelayan terhindar dari racun bintang laut berduri. Nelayan gurita juga dapat mencari gurita tanpa rasa was-was.Selain itu pembasmian paa' olo ini adalah untuk menjaga kelestarian terumbu karang karena binatang ini terkenal juga sebagai pemangsa karang.
Kegiatan yang berkaitan dengan perlindunganterhadap sumber daya alam ini telah lama dilakukan oleh kelompok ini sejak dulu.
Mereka telah sepakat untuk memerikasa semua alat tangkap yang digunakan oleh nelayan yang datang dari luar desa Darawa. Bahkan sudah beberapa kali mereka menangkap nelayan luar yang menggunakan alat tangkap yang tidak di perbolehkan. Selanjutnya mereka serahkan ke pihak yang berwajib. Sayangnya kegiatan ini belum sepenuhnya mendapat dukungan dari masyarakat diluar kelompok, karena itulah Jumani berharap masyarakat yang bukan anggota kelompokpun mau terlibat dalam pengawasan sumber daya alam demi kelangsungan hidup masyarakat Darawa.(Vatallolo Fm)

0 komentar:

Posting Komentar

BTricks

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger