Recent Posts

Kamis, 06 Januari 2011

Sultra : Pilih mana Hancur atau Indah...???

Komunitas Hijau

KENDARI - Ribuan bahkan jutaan orang di negeri ini menjadikan momentum tahun baru untuk melepaskan segala unek-unek yang ada dikepala, salah satu bentuknya yaitu berkunjung ke tempat-tempat wisata. Tak terkecuali di Sulawesi tenggara. Tempat-tempat wisata menjadi lautan manusia yang ingin melepas kepengatan hiruk pikuknya kota.

Namun, fasilitas objek wisata yang selama ini tempat melepas beban, masih sangat jauh dari kata memadai. Lihat saja berbagai objek wisata yang ada di bumi anoa  Sulawesi Tenggara ini, hampir semuanya terbengkalai tak terurus dan kumuh. Padahal jika kita mengkaji lebih jauh, pendapatan asli daerah yang dihasilkan dari sector pariwisata  sangat menjanjikan untuk menjadi PAD andalan Propinsi Sulawesi tenggara ini. Namun sayang pemikiran pemerintah Propinsi  untuk menjadikan sector pariwisata sebagai asset daerah yang sangat berharga sangat jauh dari kata iya. Bahkan pemerintah propinsi  seperti tikus dalam tanah yang menggorogoti bumi anoa dengan menghadirkan puluhan perusahaan tambang dengan alasan untuk meningkatkan PAD. Hubunganya dengan sector pariwisata apabila tambang beroperasi maka pencemaran tidak bisa terelahkan.

Praktis, cobalah kita bayangkan jika bumi anoa digempur oleh perusahaan-perusahaan tambang berkaliber internasional bagaimana wajah bumi anoa nanti? Papua contohnya sebagai daerah tambang emas dengan satu perusahaan tambang saja sudah hancur lebur bukan hanya dari segi lingkungan tetapi juga dari semua segi social kemasyarakatan, Apalagi puluhan perusahaan tambang! Yakinlah. Lima atau sepuluh tahun mendatang Sulawesi tenggara akan kacau balau. Jadi bagaimana menurut anda? (Tomy KH)

0 komentar:

Posting Komentar

BTricks

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger